Senin, 01 Februari 2010

PERAN GURU DALAM INOVASI PENDIDIKAN

A.Peranan Guru
Peranan diartikan sebagai seperangkat tingkah laku atau tugas yang harus atau dapat dilakukan seseorang pada situasi tertentu sesuai dengan fungsi dan kedudukannya. Seperangkat tugas yang harus dilakukan seseorang sesuai dengan kedudukan dan harapan masyarakatnya disebut peranan yang diharapkan atau disebut ascribed role. Sedangkan seperangkat tugas kewajiban yang dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada merupakan peranan yang dapat dicapai atau disebut achieved role.
Secara umum banyak sekali peranan yang mesti dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugannya disekolah. Namun peranan guru yang paling pokok berhubungan erat dengan tugas dan jabatannya sebagai suatu profesi. Tugas guru secara profesional menurut Sutan Zanti Arbi (1992:134) meliputi : tugas mendidik, mengajar dan melatih.

Sehubungan dengan tugas profesionalnya, seorang guru paling tidak harus melaksanakan peranan sesuai dengan propil kemampuannya. Dasarnya, profesional guru dalam proses belajar mengajar sebagai berikut:

a.Menguasai bahan pelajaran
b.Mengelola program belajar mengajar
c.Mengelola kelas
d.Menggunakan media dan sumber
e.Menguasai landasan-landasan kependidikan
f.Mengelola interaksi belajar mengajar
g.Menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
h.Mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan
i.Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
j.Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

Radja Mudyaharto (1989:273) mengelompokkan jenis kemampuan pokok yang ideal dikuasai guru profesional kedalam 3 kelompok sebagai berikut:

1.Kemampuan membantu siswa belajar secara efisien dan efektif agar mencapai hasil optimal, kelompok ini mencakup jenis kemampuan :
a.Mengelola kegiatan belajar mengajar
b.Melakukan bimbingan siswa

2.Kemampuan menjadi penghubung (lisan) kebudayaan dan masyarakat yang aktif kreatif, dan fungsional kelompok ini mencakup jenis kemampuan:
a.Menjadi modiator kebudayaan baik sebagai pembawa kebudayaan, pemeliharaan kebudayaan, maupun sebagai pengembang kebudayaan.
b.Menjadi komunikator sekolah dan masyarakat

3.Kemampuan menjadi pendukung pengelolaan program kegiatan sekolah dan berprofesi, kelompok ini mencakup kemampuan:
a.Menjadi anggota staf sekolah yang produktif
b.Menjadi anggota organisasi profesional yang produktif.


B.Peran serta guru dalam pelaksanaan inovasi pendidikan
Seperti telah dijelaskan pada bagian lalu bahwa perubahan yang terjadi pada suatu aspek kehidupan akan menimbulkan perubahan pada aspek kehidupan lainnya. Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi atau menimbulkan perubahan dalam bidang lain, seperti pendidikan, ekonomi dan bidang sosial budaya lainnya.

Perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan pada gilirannya akan berpengaruh pada guru sebagai pemegang peranan utama dalam bidang pendidikan dalam aspek-aspek serta sejenisnya sebagaimana diuraikan pada bagian lalu, bagaimanakah peran serta guru dalam inovasi pendidikan, yaitu sebagai berikut:
1.Guru bersikap terbuka dan peka terhadap perubahan dan pembaharuan
2.Guru sebagai agen pembaharuan dalam inovasi pendidikan
3.Guru sebagai adopter (penerima) inovasi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar