Senin, 01 Februari 2010

PELAKSANAAN INOVASI PENDIDIKAN

A.Bidang-Bidang pendidikan
Berdasarkan komponen yang ada dalam keseluruhan sistem pendidikan, terdapat banyak hal yang perlu mendapat perubahan, baik itu peningkatan, penyempurnaan, maupun perbaiakan melalui kegiatan inovasi bidang-bidang tersebut antara lain:
1)Peserta didik (pelajar)
2)Tujuan pendidikan
3)Isi bahan ajar (materi pelajaran)
4)Media pendidikan
5)Metode dan teknik komunikasi
6)Struktur dan tata laksana
7)Hasil-hasil pendidikan
8)belajar mengajar

B.Jenis-Jenis inovasi pendidikan
Jenis-jenis inovasi pendidikan menurut Santoso.s. Hamidjojo (1974) tak dapat terbilang jumlahnya, namun dapat dikelompokkan atas dasar objeknya, derajatnya dan sifatnya.

Berdasarkan objeknya yakni objek atau hal yang dikenai pembaharuan, jenis inovasi pendidikan terdiri atas 3 jenis yaitu:

1.Inovasi dalam jenis hubungan antara orang (personal relasionship) misalnya: pembaharuan dalam peranan guru, perubahan dalam laksana tata baru, yang harus berdasarkan pengambalian keputusan pada informasi dan bukan pada selera perorangan atau pemimpin.
2.Inovasi dalam jenis software (piranti lunak) misalnya perubahan atau pembaharuan mengenai tujuan dan struktur kurikulum, berbagai model sistem penyampaian (delivery sistem) dan cara-cara penilian kurikulum pendidikan.
3.Inovasi dalam jenis hardware (piranti keras) misalnya: perubahan dalam bentuk ruangan kelas dalam rangka memenuhi tuntutan baru karena terjadi pembaharuan dalam rangka antar orang, atau karena terjadi perubahan peranan guru dan adanya perubahan dalam sistemp penyampaian atau metode mengajar, adanya sistem komputerisasi, proyektor, mesin pengajaran, adanya laboratorium dan sebagainya.

Berdasarkan derajat atau tingkatannya inovasi pendidikan dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu :
1.Jenis pembaharuan dalam nilai atau wawasan (orientasi pendidikan)
2.Pembaharuan dalam jenis operasi tata laksana pengelolaan (manajemen pendidikan)
3.Pembaharuan dalam jenis tugas dan fungsi
4.Pembaharuan dalam jenis keahlian, ataupun kemampuan-kemampuan khusus yang dituntut dari para petugas tata laksana atau guru karena adanya perubahan dalam sistem pengajaran.

Dilihat dari sifatnya terdapat dari beberapa macam sifat-sifat perubahan yang terjadi dalam inovasi pendidikan. Huberman dalam Santoso.s. Hamidjojo (1974:30) membagi sifat-sifat perubahan dalam inovasi kedalam 6 kelompok yaitu:

a.Penggantian (substitution) misalnya: inovasi dalam bentuk penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk-bentuk perabot, alat-alat, guru atau sistem ujian yang lama diganti dengan yang baru.
b.Perubahan (alternation) misalnya: upaya mengubah tugas guru yang trerjadi hanya bertugas mengajar, juga harus bertugas menjadi guru bimbingan atau penyuluhan.
c.Penambahan (addition) dalam inovasi yang bersifat penambahan ini tidak ada penggantian atau perubahan walaupun ada yang berubah, maka perubahan tersebut hanya berupa perubahan dalam hubungan antara komponen
d.Penyusunan kembali (restructuring), yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud agar mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan.
e.Penghapusan (elimanitian) upaya pembaharuan dengan cara menghilangkan aspek-aspek tertentu dalam pendidikan atau pengurangan “komponen-komponen dalam pendidikan”
f.Penguatan (reinforcement) yaitu upaya peningkatan atau memperkokoh atau memantapkan kemampuan atau pola dan cara-cara yang sebelumnya terasa lemah.

C.Beberapa upaya pembaharuan pendidikan diindonesia
Pada bagian yang lalu telah dikemukakan bahwa dimanapun pembaharuan itu dilaksanakan, akan senangtiasa didasarkan pada kebutuhan atau karena ada masalah yang perlu segera dipecahkan sebagai upaya perubahan yang sengaja diadakan untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan tertentu, namun pada bagian ini sikilas akan diketengahkan beberapa jenis yang dapat kelompokkan kedalam empat rumpun, yaitu :
1.Pembaharuan dalam aspek tujuan pendidikan
Para ahli,perencana dan pengambil kebijakan pendidikan nasional telah lama berusaha mencari rumusan tujuan pendidikan, dari mulai tujuan yang sangat ideal yang dirumuskan sejak zaman revolusi kemerdekaan, zaman awal orde baru sampai pada tujuan umum yang dirumuskan pada setiap relita yang tertuang pada setiap garis-garis besar haluan negara (GBHN).

2.Pembaharuan dalam aspek struktur dan perencanaan pendidikan
Pembaharuan dalam aspek struktur dan perencanaan pendidikan berkenaan dengan upaya mengadakan perubahan, atau pembenahan, peningkatan struktur jenis dan jenjang pendidikan mulai dari pembenaran struktur sekolah, ruangan kelas dan kelompok belajar agar lebih berfungsi sesuai dengan tuntunan perkembangan sosial budaya dan polotik.

3.Pembaharuan pendidikan dalam aspek yuridis
Dalam pembukaan UUD 1945, terkandung makna bahwa dasar negara kita adalah pancasila yang menjadi dasar ideal penyelenggaraan sistem pendidikan nasional. Sedangkan UUD 1945 merupakan landasan kontitusionalnya.

4.Pembaharuan dalam aspek kurikulum
Sesuai dengan perkembangan dan perjalanan hidup sosial, ekonomi, politik, dan budaya bangsa,kurikulum pendidikan kita telah sering mengalami perubahan dan penyempurnaan, hal ini terlihat misalnya: pada zaman penjajahan Belanda, kurikulum pendidikan tampak sederhana sekali, karena tujuannya pun sederhana.

5.Pembaharuan dalam aspek teknologi pendidikan
Pembaharuan dalam aspek teknologi pendidikan muncul akibat adanya tuntutan yang terus meningkat yang tidak teratasi hanya dengan cara dan upaya pemecahannya yang kompensional dan tradisional. Contoh pembaharuan proyek teknologi komunikasi pendidikan dan kebudayaan. (TKPK)

6.Pembaharuan berbagai aspek dalam proses pendidikan
Proses pendidikan yang baik terjadi manakala tercipta interaksi edukatif dan manusiawi antara pendidikan dan peserta didektifnya. Upaya pembaharuan dalam aspek proses pendidikan yang lebih berfungsi efisien dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkannya.

Diantara upaya pembaharuan aspek proses pendidikan yang dilakukan adalah dalam bentuk berikut:
a.Penggunaan multi metode dalam pengajaran
b.Pengunaan pendekatan iguiry-discovery dan CBSA
c.Penilaian program pengajaran dan pendidikan
d.Pembaharuan yang memadukan berbagai aspek pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar